Skip to main content

5 Ide Bahan Murah Untuk Anda Yang Ingin Buat Partisi Ruangan Sendiri

Ingin buat partisi ruangan sendiri? Tentu saja bisa Anda lakukan. Partisi ruangan berfungsi untuk memisahkan dua atau lebih ruangan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Partisi ruangan ini dapat berupa partisi permanen maupun partisi temporer yang dapat Anda bongkar dan pindahkan ketika tidak digunakan.  Partisi ruangan temporer ini dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang murah dan mudah dikerjakan. Selain bahan mentah, Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan partisi.
Berikut ini bahan-bahan murah yang bisa Anda manfaatkan.

1. Kertas dan Bingkai Kayu
Jika Anda pernah melihat ruangan-ruangan pada bangunan tradisional ala Jepang, tentu Anda akan menemukan pemisah ruangan yang terbuat dari bahan kayu dan kertas.  Anda bisa memanfaatkan bingkai kayu bekas jendela atau pintu untuk Anda ubah fungsinya menjadi partisi ruangan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat model ala pintu geser agar kedua ruangan benar-benar terpisah. Bahan kertas ini juga beragam, mulai dari kertas wallpaper, kerta koran, hingga kertas roti. Dengan bahan-bahan yang murah meriah, Anda bisa membuat partisi ruangan yang estetis dan unik.

2. Bambu
Partisi bambu mudah Anda temukan pada pengrajin bambu. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri. Bambu-bambu berdiameter kecil dapat Anda beli dengan harga cukup terjangkau. Potong masing-masing dengan panjang yang sama, lalu kaitkan dengan anyaman tali atau Anda bisa membuat pondasi untuk meletakan rangkaian bambu tersebut. Anda juga bisa mengecatnya dan memberikan lampu sorot pada bagian atas maupun bawah dari sekat bambu yang Anda buat.

3. Pallet kayu
Pallet kayu merupakan produk dari kayu-kayu bekas yang disusun menjadi bentuk persegi. Harga per papan pallet kayu ini juga sangat terjangkau. Anda bisa menyusun papan ini secara tegak 2-3 pallet untuk mendapat ketinggian yang sesuai. Pastikan Anda menghaluskan permukaan pallet kayu, sebab biasanya pallet yang dijual masih kasar dengan serat kayu. Jika Anda buat partisi ruangan sendiri dengan bahan ini, Anda akan mendapatkan kesan klasik yang unik dan retro.  Agar lebih awet, berikan pelapis cat atau pernis sebelum menyambungkan masing-masing papan.

4. Kusen Jendela
Kusen jendela bekas juga bisa jadi ide bahan pembuat pemisah ruangan. Anda bisa mendapatkan berbagai model kusen bekas pada tukang rongsokan atau pengepul barang bekas. Jika jumlahnya telah mencukupi, Anda bisa menyusun kusen-kusen tersebut menjadi pemisah ruangan yang unik dan estetis. Akan lebih baik jika Anda mengecat ulang masing-masing bagian dengan warna yang sama atau setema dengan ruangan Anda.

5. Tirai
Tirai tidak hanya bergunan untuk menutup jendela, namun juga bisa Anda gunakan untuk menjadi pemisah ruangan yang sederhana . Buatlah rel di bagian atas langit-langit dengan menggunakan rel alumunium yang telah jadi atau Anda membuat sendiri dari pipa besi berdiameter kecil. Banyak model dan jenis tirai pembatas ruangan minimalis yang bisa Anda beli. Bahan ini akan memudahkan Anda ketika buat partisi ruangan sendiri dan dapat dilepas sesuai kebutuhan ruangan Anda.


Lihat juga : Tirai pembatas ruangan masjid stainless.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar