Skip to main content

Jenis-jenis Pembatas Ruang Masjid yang Sering Digunakan

Hijab masjid merupakan sebuah perangkat yang umum di temui di berbagai masjid atau mushola. Biasanya infrastuktur ini diletakan sebagai pembatas ruangan atau shaff sholat antara jamaah laki-laki dan jamaah perempuan. Secara umum, ada 3 jenis pembatas ruangan yang sering digunakan di masjid atau mushola yaitu pembatas rotan, pembatas kayu, pembatas stainless.


Baca juga : Masjid lebih rapi dengan Rak sepatu dan sandal stainless

Pengertian Jenis-jenis Pembatas Ruang Masjid

  Pembatas Kayu
Pembatas ruang masjid kayu, merupakan pembatas yang terbuat dari kayu. Berbeda dengan pembatas rotan, pembatas kayu terbuat dari kayu secara keseluruhan. Karena terbuat dari kayu, biasanya pembatas jenis ini sifatnya tetap karena secara karakteristik memiliki berat yang lumayan sulit atau membutuhkan tenaga ekstra untuk dipindahkan.

  Pembatas Stainless
Sesuai namanya, pembatas ruang jenis ini terbuat dari stainless. Stainless merupakan sejenis logam namun tidak bereaksi terhadap magnet. Walaupun merupakan jenis logam, hijab masjid stainless cukup mudah untuk dipindah-pindahkan karena sifat dasar stainless yang ringan. Secara warna, pembatas stainless cenderung sama yaitu berwarna perak karena tidak bisa di cat.

Kelebihan dan kelemahan Jenis-jenis Pembatas Ruang Masjid

Agar bisa memilih jenis yang terbaik, maka ada baiknya mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing jenis pembatas masjid

   Pembatas Kayu
Pembatas ruang jenis ini terlihat kokoh dan cenderung bersifat tetap karena berat dipindah-pindahkan. Namun pembatas ruangan jenis ini bisa lapuk dan keropos dalam jangka waktu tertentu karena sifat dasar kayu. Selain itu, harga dari pembatas kayu juga cenderung mahal apalagi bila menggunanakan kayu yang bagus.

  Pembatas Rotan
Kelebihan dari bahan ini adalah bobotnya yang cukup ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan. Namun pembatas ruang jenis ini cenderung kurang bisa menutupi pandangan antara shaff jamaah wanita dan laki-laki karena sifatnya yang berlubang-lubang. Selain itu, secara ketinggian pembatas ruang masjid rotan juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak cocok untuk masjid yang luas.

  Pembatas Stainless
Pembatas jenis ini kokoh dan terlihat elegan dengan warna silvernya. Sifatnya yang tahan karat juga mengakibatkan pembatas jenis ini awet. Bobotnya yang ringan memudahkan untuk merubah installasi pembatas ruangan.


Baca juga : Tips membuat hijab masjid agar terlihat indah

Jasa Pembuatan Pembatas Ruang

Dari ketiga jenis pembatas ruangan diatas, pembatas berbahan stainless merupakan pilihan yang terbaik. Selain kokoh dan tahan lama, karena bobotnya yang ringan bongkar-pasang pembatas juga mudah apabila Anda membutuhkan seluruh ruangan masjid sebagai shaf sholat jum'at yang seluruhnya adalah jamaah laki-laki. Anda bisa membuat costum desain dan ukuran sesuai kondisi masjid dengan meminta bantuan jasa las, seperti Bengkel Las Kembar Tekhnik yang dapat membuat hijab masjid stainless berkualitas dengan sambungan yang halus dan berkualitUnt Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk informasi lengkap mengenai harga hijab masjid stainless sesuai dengan ukurannya silakan klik disini.

Baca juga produk yang lain dari Bengkel Kembar Tekhnik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar